Minggu, 04 Juni 2017

Cara Mengatasi cPanel Tidak Support Script SoundCloud

Cara mengatasi cPanel yang tidak support dengan script SoundCloud, Hal ini sudah sering terjadi pada kebanyakan wapper yang menggunakan script grab soundcloud dan banyak dari mereka berfikir mungkin karena kesalahan script. Padahal belum tentu itu semua penyebabnya, khususnya untuk pengguna cPanel ya. Beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan content atau file musik soundcloud tidak mau muncul antara lain.

  • API mati
  • Kesalahan script
  • Hosting/server
Jika content tidak mau muncul dikarenakan API yang sudah mati / tidak berfungsi lagi, hanya tinggal menggantinya dengan API yang baru. Apabila API sudah diganti dan file atau konten tidak mau muncul berarti bisa terjadi kesalahan pada script, dan jika script sudah di edit dan dirasa cukup benar tidak ada kesalahan lagi tetapi file tetap tidak mau muncul berarti masalahnya ada 2 lagi yakni, Server (tidak support) atau domain / IP hosting diblokir pihak soundcloud.

Untuk penyebab file tidak muncul akibat ip server hosting dan domain diblokir pihak soundcloud saya kurang tau pasti ya jadi silahkan cari tau sendiri hahaha. Sedangkan untuk masalah server hosting atau cPanel yang tidak support bisa jadi karena configurasi server dan PHP nya saja yang kurang tepat. Yang sebelumnya support dan tiba-tiba tidak support dengan script grab soundcloud pun juga ada. Dan ternyata masalahnya terletak pada versi PHP.

Ya, sama seperti yang saya alami baru-baru ini karena server / hosting yang saya gunakan melakukan upgrade server dan pembaruan maka semua configurasi server berubah. Awalnya saya juga gak tau kenapa kok setelah pembaruan server file musik di wap tiba-tiba blank, dan akhirnya ada salah satu teman wapper yang mengerti di bidang server dan PHP yang kebetulan satu server dengan saya memberitahu bahwa ternyata semua itu di sebabkan oleh versi PHP yang baru tidak support untuk script grab soundcloud tapi bisa diatasi dengan cara sebagai berikut.

Cara Mengatasi cPanel Tidak Support Script SoundCloud

Pertama, silahakn login di cPanel dan langsung cek menuju ke menu Software - Select PHP Version.
Lihat versi PHP yang digunakan server pada Current PHP Version:... versi berapa.

Apabila veris yang digunakan adalah versi 7.1 silahkan kalian ganti menjadi versi 5.6

Setelah dirubah menjadi versi 5.6 maka akan ada settingan configurasi PHP yang sangat banyak sekali pilihannya dan pastikan setingan yang dicentang pada versi 5.6 sama seperti gambar di bawah ini.

PHP selection

Kalian lihat yang saya beri tanda merah, samakan settingan PHP 5.6 di cPanel kalian dengan yang ada di gambar.
Pastikan dicentang untuk : bcmath, dom, fileinfo, gd, imagick, imap, intl, ioncube_loader, json, mbstring, mcrypt, mysql, mysqli, mysqlnd, opcache, pdo, pdo_mysql, pdo_sqlite, phar, posix, soap, sockets, suhosin, tidy, timezonedb, uploadprogress, wddx, xmlreader, xmlrpc, xmlwriter, xsl, zend_guard_loader, zip

Jika sudah beres langsung klik save / simpan, dan silahkan dicek kembali wap soundcloud kalian sudah kembali normal apa belum. Kalau normal dan semua file konten muncul kembali ya alhamdulillah, tapi kalau belum dan tetap blank ya sabar aja silahkan coba menggunakan hosting lain hehehe.

Saya taunya cuma itu berdasarkan pengalaman saya dan informasi dari temen sekaligus mastah saya, jadi kalau belum berhasil juga saya mohon maaf banget tidak ada informasi lagi selain yang saya tuliskan di atas. Dan mungkin hanya itu saja, semoga bermanfaat dan berhasil buat kalian semua apabila ada yang kurang dipahami silahkan berkomentar dan jangan lupa share artikel ini ya biar semua yang mengalami hal ini bisa teratasi, insya'Allah.

Disqus Comments