Kamis, 27 Juli 2017

Tips Mendapatkan Hasil Foto HDR yang Baik di Kamera Android

Tips atau cara mendapatkan hasil foto HDR yang baik dan bagus di kamera smartphone android. Ya kali ini kita akan membahas topik yang mungkin bisa dibilang tidak terlalu penting bagi para master fotograp atau yang sudah lama hobi foto lewat HP, tapi paling tidak bisa sedikit bermanfaat bagi yang belum mengetahuinya.

Pasti kalian semua pengguna HP android sering melakukan foto-foto entah itu objek maupun asal jepret. Ada yang hasilnya sangat bagus dan ada juga yang hasilnya ya bisa dibilang pas-pasan sekedar bisa dipandang, hehehe bercanda vroh. Jangan terpaku pada tingginya resolusi kamera android kalian, karena untuk mendapatkan hasil yang maksimal juga diperlukan teknik dan mode yang pas. Biarpun kamera kalian beresolusi 20MP tapi dengan cara mengambil gambar yang asal jepret mungkin hasilnya juga akan biasa saja tidak ada wow nya. Dan begitu juga sebaliknya, meskipun kamera android kalian cuma beresolusi 13MP tapi dengan teknik mengambil yang tepat maka akan menghasilkan gambar yang sangat baik dan berkwalitas.

Ok, kali ini bisa dibilang juga cerita aja sekedar berbagi antar sesama pengguna android, jadi mungkin tidak saya jelaskan secara rinci seperti tutorial-tutorial sebelumnya, anggap saja kita lagi ngobrol ya vroh hehehe, lanjuuuuutt.

Baca juga : Cara Menggunakan Auto Fokus Pada Kamera Canon SX410 IS

Semua itu juga tergantung fitur kamera yang disediakan pada android kalian ya vroh. Seperti gambar yang saya ambil di bawah ini misalnya.

Hasil foto HDR Xiaomi Redmi 4A

Foto di atas saya ambil dengan mode standart auto dan HDR dengan kamera android dari Xiaomi Redmi 4A, bisa dilihat sendiri kan perbandingannya. Oh iya sebelumnya saya jelaskan sedikit tentang apa itu HDR. Jadi HDR adalah Hight Dynamic Range atau teknik pengambilan gambar yang digunakan dalam fotografi untuk memproduksi sebuah jangkauan pencahayaan dinamis yang lebih besar dan lebih baik dalam sebuah gambar. Ya setau saya seperti itu, atau bisa mungkin dikembangkan lagi pengertiannya.

Nah, pada intinya untuk menghasilkan gambar atau foro HDR yang baik tentu saja diperlukan smartphone atau hp android yang menyediakan fitur tersebut. Caranya cukup mudah, sama seperti kamera android lainnya, yakni tinggal diaktifkan dan mulai lakukan pengambilan gambar. Untuk mendapatkan gambar yang fokus ke objek silahkan klik objek yang menjadi targetnya hingga fokus dan jika sudah terfokus tinggal jepret aja. Hasilnya background di belakang menjadi blur seperti kamera DSRL, tapi kalau yang diambil objek sebuah pemandangan tinggal jepret aja sekira sudah bagus.

Mau jadi Youtuber ? Baca ini : Aplikasi Video Editor Android Terbaik 2017 (Cocok untuk YouTuber)

Selain pencahayaan, warna pada mode HDR juga akan lebih terang dan cukup bagus untuk kelas kamera android. Jadi, itu saja yang saya bagi di sini, mungkin ada yang bingung atau bahkan tidak paham dengan coretan asal-asalan saya ini jangan malu untuk bertanya. Sekian dan jangan bosen mampir ke sini ya vroh, semoga bermanfaat aja deh dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Disqus Comments