Rabu, 31 Mei 2017

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Tips Mudik

Ehm elamat datang jumpa lagi bersama saya dalam suasana bulan Ramadhan yang indah ini, sebelumnya saya ingin mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H untuk semua teman-teman di manapun berada. Masih lancar aja kan puasanya? mudah-mudahan masih lancar dan puasanya berkah, aamiin. Okay tidak usah berpanjang lebar, kali ini saya akan berbagi sedikit tips-tips buat anda yang hendak meninggalkan rumah untuk mudik lebaran supaya aman. 

Di setiap tahun pastinya teman-teman yang berada jauh dari kampung halaman atau bisa disebut perantau menikmati yang namanya mudik lebaran. Di mana saat bulan suci ramadhan menjelang Hari Raya Idul Fitri kita mempersiapkan diri untuk bermaaf-maafan dan bersilaturahmi dengan semua sanak saudara dan keluarga besar. Bagi kalian yang merantau jauh dari kampung halaman pastinya memiliki sebuah tempat tinggal di kota yang kalian diami, entah itu masih kost, kontrakan, atau sudah rumah pribadi. Yang selama ini kalian tinggal mudik aman-aman aja alhamdulillah dan setidaknya tips ini sekedar untuk tambahan aja supaya hati lebih tenang lagi saat mudik nanti.

 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

  1. Yang pertama, pastikan semua elektronik yang tidak diperlukan dalam keadaan mati (dicabut), kecuali lampu.
  2. Untuk barang berharga usahakan disimpan di tempat yang paling aman, misalnya emas & surat-surat penting lainnya jangan ditaruh di tempat  biasa seperti lemari dan laci, karena tempat itu sudah menjadi tujuan para pencuri.
  3. Pastikan kran air sudah dan bak mandi sudah ditutup.
  4. Cabut gas elpiji atau peralatan masak lainnya yang tidak terpakai.
  5. Buanglah sisa-sisa sampah yang masih ada di rumah, supaya nanti diwaktu pulang ke rumah kalian tidak perlu capek beres-beres lagi, kecuali yang punya pembantu.
  6. Letakkan sendal/sepatu kalian di depan pintu supaya terkesan rumah kita tidak ditinggal oleh penghuninya.
  7. Dan yang terakhir pasang CCTV (bagi yang berkecukupan), tujuannya agar kita bisa mengetahui apa saja yang terjadi selama mudik.
  8. Jika di rumah ada atap yang bocor kalau bisa segera diperbaiki terlebih dahulu, kalau belum bisa usahakan jangan sampai terkena ke bagian elektronik / kabel-kabel listrik yang ada di rumah.
Yaaa, saya rasa sih itu saja insya'Allah aman. Tips di atas juga saya dapatkan dari teman-teman yang lainnya bukan dari saya sendiri hahaha maklum soalnya jarang mudik. Cuma sekedar sharing aja, siapa tau bisa membantu kalian untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan untuk tips nomer 2 di atas saya tidak bermaksud mendoakan / bagaimana, hanya sekedar saran saja supaya lebih aman terhindar dari hal tersebut.

Untuk sementara itu saja yang bagi tentang Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran kali ini, kalau ada penulisan yang tidak jelas / tidak bisa dipahami silahakan bertanya. Semoga puasa kita semua lancar dan diterima oleh Allah SWT, aamiin. Jika artikel ini bermanfaat tolong bantu share ya, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Disqus Comments