Jumat, 02 Juni 2017

Cara Mengatasi Performa Android yang Lemot 2017

Punya Hp android performanya lemot banget dan sudah coba pakai aplikasi speed booster dan lain-lain tapi nggak mempan. Sabar, ada solusinya kok dan pastinya gak perlu pakai install aplikasi. Berhubung banyak sekali temen-temen saya dan termasuk saya pribadi yang sering mengalami hal seperti ini di Hp android, makanya saya putuskan untuk membagikan tips atau cara mengatasi performa android yang lemot.


android lemot

Kebetulan di sini saya menggunakan Hp samsung J2 Prime, mungkin tutorial kali ini sedikit lebih condong cara mengatasi hp android dari samsung yang lemot. Tetapi semua android kira-kira sama kok, kurang lebih aja perbedaannya gak banyak-banyak banget seandainya melenceng. Sebenarnya sudah banyak tutorial seperti ini, tapi gak salah kan kalau saya share juga.

Wokaay, pastinya kalian pengguna android sangat jengkel sekali dengan performa android kesayangan yang sangat lemot dan sering ngelag, eh ngelag atau ngelack ya hahaha gak paham intinya sering macet-macet gitu. Semua itu pasti ada penyebabnya antara lain :
  • Over capasity (kapasitas memory sudah penuh)
  • Terlalu banyak aplikasi yang dijalankan
  • Terlalu memaksakan kehendak, misal RAM 1GB / ROM 16GB dipaksakan untuk install banyak aplikasi atau game dengan ukuran yang cukup besar.
  • Cache aplikasi / system penuh
Baca juga : Tips Membersihkan Cache pada Android Tanpa Aplikasi
Itu penyebab umum penyebab masalah android lemot, sedangkan untuk penyebab lainnya saya kurang paham. Tapi tenang saja, semua bisa diatasi kok.

Cara Mengatasi Performa Android yang Sangat Lemot

  1. Silahkan kalian pergi ke menu File Manager - Adroid - Data maka di situ akan banyak sekali dijumpai folder-folder aplikasi yang kalian miliki, buka saja dan silahkan bersihkan file cache nya.
  2. Hapus aplikasi yang tidak terlalu penting, tapi jika semua dianggap penting kalian bisa membersihkan datanya dengan cara masuk ke menu, Pengaturan - Manager Aplikasi dan pilih aplikasi yang cukup memakan banyak memory seperti Facebook misalnya. Klik dan pilih Hapus Data. Dengan cara ini otomatis akun akan off atau keluar dari facebook android kalian dan aplikasi tidak akan memakan memory sebelum kalian login atau mengaktifkannya kembali.
  3. Untuk pengguna Samsung Galaxy J2 prime silahkan masuk menu dan pengaturan, cari menu Pemeliharaan Perangkat di sini kalian bisa mengoptimalkan performa dan penyimpanan perangkat.
  4. Bagi pengguna android lain yang belum mempunyai fitur pemeliharaan perangkat, kalian bisa install salah satu aplikasi speed booster yang terpercaya.
  5. Yang terakhir jika sudah melalui cara-cara di atas kalian bisa melakukan cara lain, salah satunya dengan cara menombol lock berulang-ulang dan yang terakhir matikan HP selama 5 menit lalu hidupkan kembali.
Dengan cara di atas maka hp android kalian yang sebelumnya lemot bisa teratasi, setidaknya ada kemajuan dari pada sebelumnya. Jika tidak berhasil dan hp tetap saja lemot solusi nya cuma satu yakni Hard Reset atau recovry untuk mengembalikan semuanya ke setelan pabrik biar seperti baru. Tapi sebelumnya ya dicoba dulu aja cara di atas jangan langsung recovery ya haha.

Mungkin hanya itu cara mengatasi performa android yang sangat lemot dari saya, semoga bisa membantu kalian. Jika ada yang kata-kata yang tidak dipahami atau mengalami kesulitan silahkan kalian berkomentar. Dan kalau kalian berhasil jangan lupa share artikel ini ya, supaya teman-teman yang lain juga tau.

Disqus Comments