Sabtu, 03 Juni 2017

Inilah Cara Menggunakan Auto Fokus Pada Kamera Canon SX410 IS

Bagi kalian penggemar photografi yang menggunakan kamera digital Canon SX 410 IS PowerShot khususnya dan masih baru dalam menggunakannya. Mungkin sering kali kalian bingung untuk mendapatkan fokus pada satu titik atau objek yang kalian inginkan dengan latar blur.

Canon SX 410 IS

Sebenarnya tidak begitu sulit dan mungkin bagi awam nol sekalipun sudah bisa mendapatkan fokus dan blur pada latar belakang foto. Tapi tidak ada salahnya kan sambil mengisi waktu luang saya coretkan sedikit tutorial di sini supaya yang tidak tau jadi lebih tau dan yang sudah tau ya gak jadi masalah. Caranya cukup simple kok, untuk mendapatkan fokus dan blur pada objek yang diinginkan menggunakan kamera digital baik itu Canon SX 410 IS atau kamera digital lainnya caranya sama, yakni.

  • Jarak dekat, untuk jarak dekat kalian hanya perlu mengarahkan kamera ke objek dan rendam tombol shot setengah saja jangan full, sampai terlihat bahwa objek sudah lebih jelas ketimbang background (blur). Jika sudah begitu langsung tekan lebih dalam tombol shot yang ditahan setengah tadi untuk mengambil gambarnya.
  • Jarak jauh, nah untuk kamera digital Canon SX 410 IS memiliki zoom yang sangat jauh yakni 40x, caranya tidak jauh berbeda dengan jarak dekat. Untuk mengfokuskan objek jarak jauh tinggal zoom saja dan rendam tombol shot setengah setelah itu teruskan dengan tekan lebih dalam untuk mengambil gambarnya.
Berikut ini hasil dari jepretan jarak jauh sekitar 10 meter dari kamera. Pada waktu mengambil dengan jarak jauh saya sarankan menggunakan tripod, karena jika ada getaran atau tangan goyang maka jadinya gambar akan kabur.

Kucing Saya

Hasilnyapun gak kalah jauh dengan DSLR, jadi kamera digital pun bisa buat foto-foto ala kekinian yang lagi ngetrend di 2017 loh hahaha. 

Sedangkan untuk pengambilan video supaya menjadi lebih profesional dengan efek blur background dan hanya fokus di satu objek pun juga bisa kok. Caranya saja yang berbeda yakni jarak pengambilan videonya agak jauh sekitar  10-20 meter dari objek dengan men-zoom in full terlebih dahulu si objek dan setelah fokus jernih tinggal sedikit di zoom out saja maka background objek akan tampak blur. Tapi untuk sementara video reviewnya saya belum ada, jadi silahkan dicoba-coba sendiri aja dulu. Cara ini juga bisa digunakan pada kamera digital lainnya.

Dan sekian dari saya semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua dan selamat berkreasi menyalurkan hobi hebat kalian. Apabila ada yang dipertanyakan silahkan berkomentar dan jika kalian suka artikel ini jangan lupa share ya.

Disqus Comments