Senin, 14 Agustus 2017

Cara Menampilkan dan Menghapus File Sampah Tersembunyi Pada Android Xiaomi


Cara menampilkan dan menghapus file sampah atau cache yang tersembunyi pada HP android Xiaomi atau Redmi hampir semua type. Akan kita bahas secara singkat di artikel tutorial kali ini, semoga bisa membantu ya.

Hidden Cache

Bagi kalian pengguna android khususnya Xiaomi yang belum tau kenapa memory kalian tetap saja penuh meskipun sudah dibersihkan menggunakan Xiaomi Cleaner, jangan buru-buru menganggap HP nya error ya, itu bukan error tapi ada file chache yang tersembunyi yang tidak ditampilkan pada file manager. Tapi tak usah kawatir, di xiaomi file yang tersembunyi bisa kok ditampilkan dan dihapus untuk membersihkan ruang penyimpanan yang terpakai.

Yang dimaksud file tersembunyi di sini yakni "cache" tapi yang sifatnya disembunyikan jadi, kita tidak bisa melihat file tersebut kalau tidak menampilkannya secara manual. Nah, file tersembunyi inilah yang menyebabkan memory anda bisa penuh meskipun aplikasi yang dijalankan tidak terlalu banyak. Karena file sampah ini adalah cache dari aplikasi-aplikasi yang terus menumpuk sesuai dengan aktifitas kita di aplikasi tersebut, seperti Instagram, Youtube, Facebook, Line, dll. Aplikasi itu menyisakan banyak file cache yang bisa menguras ruang di memory internal HP kalian. Dan jika tidak dihapus akhirnya hp jadi lemot karena memory penuh.
Jika anda menggunakan xiaomi cleanernya, memang sih bisa sedikit bersih file sampahnya, tetapi file-file yang tersembunyi belum tentu juga ikut terbuang. Oke, langsung saja ya untuk menampilkan berkas/file tersembunyi di xiaomi sebagai berikut.

Baca juga : Cara Mengganti Nada Notifikasi BBM Di Android

Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi Pada Android Xiaomi

  1. Pergi File Manager/Berkas
  2. Pilih menu / setting dengan icon titik-titik (.) seperti gambar di bawah ini.
  3. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan, pilih menu Tampil Berkas Tersembunyi
  4. Maka otomatis semua file akan muncul dan bisa dilihat maupun dihapus.
File tersembunyi yang perlu dihapus pada umumnya merupakan cache/sampah yang berada di folder  : 
  • /Andorid > data (cek satu persatu di sana ada banyak sekali folder aplikasi, pilih yang tidak terlalu penting dan hapus).
  • /DCIM > .thumbnails
Di folder-folder itulah file sampah bersembunyi dan tidak bisa terhapus jika kita membersihkannya dengan aplikasi seperti clean master dll. Jadi harus manual supaya tidak terlalu menumpuk dan memakan banyak ruang memory.

Keuntungannya cara ini sudah jelas kan, semua file tersembunyi yang menyita banyak memory bisa teratasi dan terbukti ampuh membersihkan memory tanpa perlu melakukan reset dan lain-lain. Dan pada intinya, aplikasi cleaner saja tidak cukup untuk membersihkan hp anda, karena ini perlu melakukan langkah manual.

Tapi sayangnya, tidak semua file manager di android support penampil file tersembunyi seperti ini. Jadi kalau punya kalian belum bisa menampilkan file tersembunyi, silahkan download ES Manager di PlayStore aja, fiturnya sama kok, malah lebih lengkap.

Oke deh, sekian dulu artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat dan membantu teman-teman semua. Kalau ada kesulitan jangan sungkan untuk berkomentar.

Disqus Comments