Minggu, 28 Mei 2017

Tips Membersihkan Cache pada Android Tanpa Aplikasi

Tips Membersihkan Cache pada Android Tanpa Aplikasi untuk mempercepat performa android, yakni membersihkan cache pada HP android kalian tanpa perlu menggunakan atau mendownload aplikasi cleaner. Kalian tau kan kenapa Hp android kadang bisa melambat / lemot saat digunakan, ya salah satunya karena penuhnya memory oleh cache dari aplikasi-aplikasi yang kita gunakan. Terus gimana kalian mengatasinya? Install aplikasi cleaner seperti DU Speed dll untuk mempercepat performa android gitu? Sebenernya itu juga salah satu cara untuk membersihkan sekaligus mempercepat performa android kita, tetapi masih belum maksimal. Jadi, kita perlu melakukan pembersihan secara manual pada hp android kita.


Cara membersihkan Cache pada Android secara Manual

Dengan membersihkan cache pada memory android atau internal kita, maka secara otomatis sama dengan mempercepat performa dan menambah ruang yang tersedia untuk penyimpanan file pada android kita. Cara yang dilakukan selain menggunakan aplikasi booster, kita juga bisa melakukannya secara manual yakni dengan membersihkan cache aplikasi di memory internal yang tersimpan dan menjadi file sampah. Caranya sebagai berikut.

Baca juga : Cara Mengatasi Performa Android yang Lemot 2017

Silahkan pergi ke File Manager pada android kalian masing-masing. Cari folder Android - dan buka folder data. Maka di situ kalian akan melihat folder-folder file chache semua aplikasi yang kalian gunakan. Gambar di bawah sebagai contoh.

Cache

Nah, untuk membersihkannya gampang, tinggal kalian buka saja semua folder 1 per 1 untuk menemukan aplikasi mana yang meninggalkan chache dan hapus saja. Contohnya untuk saat ini yang aplikasi yang meninggalkan chache terlalu banyak adalah Instagram dan Youtube. Untuk membersihkannya silahkan kalian buka folder aplikasinya.
  • Untuk menghapus data cache instagram "com.instagram.android - cache - video" di situ akan kalian jumpai file dengan format ".clean" boleh dihapus semua, itu cuma file sampah bekas tontonan video kalian di instagram.
  • Yang kedua yakni Youtube, untuk menghapus data cache dari Youtube cari folder "m.google.android.youtube - cache - exo" di dalam sini kalian akan menjumpai banyak sekali file dengan format (.exo) tergantung seberapa sering anda menonton video di youtube.
Cara di atas merupakan sebagian saja, untuk file atau aplikasi yang lainnya sama kok caranya cuma format file cache nya aja yang beda-beda.
Dengan begini maka, otomatis ruang penyimpanan yang tersedia pada android kalian bertambah karena berkurangnya file cache / sampah dari aplikasi yang kalian miliki. Dan untuk mempercepat secara maximal gunakan aplikasi booster / apa itu yang kalian percaya untuk digunakan pada hp android.
Saran dari saya, kalau mau android kalian tidak mudah ngelag/lemot jangan menggunakan aplikasi yang berlebihan. Hapus saja aplikasi atau file-file yang tidak terlalu penting apalagi yang jarang digunakan. Sesuaikanlah dengan kapasitas RAM / ROM android kalian, dengan begitu android kalian pasti aman & lancar jaya tanpa kendala.

Demikian tips & trik Membersihkan Cache pada Android Tanpa Aplikasi kali ini, semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Apabila ada yang perlu ditanyakan silahkan berkomentar dan untuk versi jelasnya nanti akan saya buatkan tips & trik via YouTube.

Disqus Comments