Selasa, 09 Januari 2018

6 Efek Negatif Akibat Terlalu Sering Main Game

Siapa sih jaman sekarang ini yang tidak suka main game? ya ada banyak yang tidak ngegame tapi dominan pada saat ini banyak orang aktif di dunia gaming, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Selain untuk hiburan dan sebagai hobi atau sekedar mengisi waktu luang saja game juga mempunyai efek negatif untuk diri kita.

Efek negatif game

Mungkin kalau kamu efek negatif yang ditimbulkan dari terlalu sering main game yang akan kita bahas saat ini bisa memotivasi kamu agar bisa lebih mengontrol durasi bermain game. Apa saja efek negatif yang ditimbulkan akibat terlalu sering main game?

6 Efek Negatif Akibat Terlalu Sering Main GAME

1. Kurang Tidur

Biasanya kalau kita sudah terlalu asyik dengan sebuah game yang kita mainkan, mata pun seolah tidak merasakan ngantuk karena terlalu semangat atau terbawa suasana. 

2. Malas

Dalam hal ini, malas bisa dibilang untuk segela hal misal yang paling sering yakni malas mandi, malas mengerjakan tugas dan tanggung jawab. 

3. Mengasingkan Diri

Karena para gamer berkomunikasi dengan teman hanya di dunia maya, seolah-olah dunianya lebih asyik dan lebih bersahabat di dunia maya sehingga lingkungan realnya terasa hambar atau tidak begitu asyik baginya. (tergantung pribadi masing-masing).

4. Stres / Depresi

Hal ini terjadi kalau si gamers tersebut sudah addicted ke game yang dimainkan, tidak bisa meninggalkan game sebentar saja. Stres ditimbulkan dari game yang dimainkannya juga, misal game strategi / persaingan membuat si gamers tersebut terus mencari strategi / cara untuk menang dari musuh di dunia mayanya. Saat si gamers kalah maka akan marah-marah dan berkeinginan untuk bangkit karena persaingan dengan para gamers lainnya. 

5. Kehilangan Nafsu Makan

Saking asyiknya bermain game dan ingin memenangkan sebuah pertarungan si gamers sering kali tidak merasakan rasa lapar lagi. Efeknya buruk lo bagi kesehatan.

6. Agresif

Gara-gara ambisi yang kuat dan otak sudah terisi game yang dimainkan maka si pemain tersebut akan menjadi agresif jika aktifitas gamenya terganggu. Jangan sampai ya gan.


Itulah beberapa efek negatif yang ditimbulkan dari terlalu sering main game. Jangan sampai kita terlalu sering main game bahkan terlalu fanatik sampai-sampai hal di atas terjadi pada diri kita. Ingat ya sobat, kesehatan sangatlah mahal harganya, mari kita jaga dan syukuri jangan gara-gara game kita jadi lupa segalanya apalagi dalam hal ibadah. Tidak bermaksud untuk menyuruh anda berhenti main game dan merugikan orang lain, hanya sekedar sharing dan mengingatkan saja.

Oke, cukup sekian semoga artikel kali ini bisa sedikit membantu dan bermanfaat bagi kalian semua. Jika ada kesalahan atau kata dan kalimat yang tidak bisa dipahami mohon maaf dan jangan sungkan untuk berkomentar.

Disqus Comments